I.
Tujuan Kegiatan: Melalui proses
pengamatan dan pembuatan laporan siswa dapat:
·
memahami prinsip pengelompokan
Protista;
·
mendeskripsikan Protista yang
ditemukan;
·
menentukan klasifikasi dari
Protista yang ditemukan.
II.
Budaya & Karakter yang harus dibangun dalam kegiatan ini; jujur, disiplin, gemar membaca, komunikatif, bertanggungjawab
terhadap tugas, kreatif, demokratis dalam kerjasama, peduli terhadap
lingkungan.
III.
Alat dan Bahan
Alat: Bahan:
1.
mikroskop 1. Air
dari berbagai habitat Protista
2.
kaca objek 2.
Buku-buku yang relevan
3.
kaca penutup 3. Sumber
lain (seperti: wibesite, blog) yang relevan
4.
pipet tetes
5.
tissue atau kapas pembersih
IV.
Prosedur Kerja:
A. Siapkan diri untuk melakukan pengmatan dengan rencana atau rancangan
laporan yang siap diisi data hasil pengmatan. Pasanglah label nomor absen pada
baju Anda agar guru mudah melakukan penilaian, dan berkumpulah dengan kelompok
belajar masing.
B. Setelah guru memberi petunjuk, demontrasi dan arahan tentang
penggunakan mikrskop dengan benar, setiap kelompok mengambil sebuah mikroskop
dan peralatan pengamatan kemudian mencari tempat yang representatif untuk
pengamatan (aman untuk bekerja, cukup cahaya).
C. Ambilah sediaan dari berbagai habitat dengan pipet tetes kemudian
teteskan pada kaca obyek, tutup dengan kaca penutup serta letakan pada meja
pengamatan mikroskop.
D. Aturlah reflektor mikroskop agar cahaya masuk ke dalam mikroskop
kemudia fokuskan lensa mikroskop dengan sabar dan hati-hati sampai obyek
terfokus dan dapat diamati dengan jelas.
E. Jika Anda menemukan obyek yang diamati lakukan deskripsi dengan
memadukan berbagai informasi yang ada di buku-buku atau sumber lain yang
relevan. Tentukan kedudukan takson Protista yang Anda temukan kemudian laporkan
pada guru untuk dikonfirmasi dan diberi penilaian.
F. Kemudian administrasikan hasil pengamatan Anda seperti berikut:
No
|
Gambar Protista
|
Deskripsi/Ciri-ciri
|
Klasifikasi
|
Peranan
|
1.
|
|
|
Kingdom:
Phylum:
Classis:
Ordo:
Familia:
Genus:
Species:
Sumber:
|
|
V.
Kriteria Penilaian:
1.
kesiapan alat dan bahan 4. kesesuaian kerja dengan prosedur 7. tanggungjawab
2.
kesiapan laporan 5. ketepatan waktu
3.
kerjasama kelompok 6. kedisiplinan bekerja
VI.
Format Laporan
·
Halaman Judul
·
SK, KD, Tujuan, Nilai Budaya
dan Karakter
·
Landasan Teori
·
Alat dan Bahan
·
Prosedur Kerja
·
Hasil Pengamatan
·
Permasalahan dan pemecahan
Masalah
·
Kesimpulan
·
Kepustakaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar